Bersama Masyarakat Kampung Ungalom, Satgas Yonif 312 Panen Kebun Olahan Prajurit

SHOOTLINES.COM | KEEROM PAPUA  — Momen Desember bulan penuh kasih dimanfaatkan Pos Ungalom Satgas Pamtas Yonif 312/Kala Hitam untuk berbagi terhadap sesama dengan mengajak warga panen hasil kebun olahan prajurit di Kampung Ungalom, Distrik Yaffi.

Hal tersebut disampaikan Dansatgas Pamtas Yonif 312/KH Letkol Inf Dedy Ariyanto, S.I.P., M.M., M.Han., M.I.Pol, dalam rilis tertulisnya di Kabupaten Keerom, Papua, Minggu (13/12/2020).

Diungkapkan Dansatgas, selain melaksanakan tugas menjaga wilayah perbatasan, Satgas Yonif 312/KH juga mengolah lahan tidur menjadi produktif yang nantinya dapat membantu memenuhi ketersediaan bahan pokok yang dibutuhkan prajurit.

“Seperti yang dilakukan Pos Ungalom, memanfaatkan lahan tidur di sekitar pos menjadi lahan produktif dengan menanami sayur-sayuran hingga benih ikan lele, “ ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, mengolah lahan tidur menjadi produktif selain menjadi bentuk kemandirian dari prajurit, hasil panen pun dimanfaatkan untuk membantu masyarakat sekitar secara berkelanjutan.

“Walaupun dalam skala kecil, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya Satgas TNI untuk ikut serta mendukung program ketahanan pangan nasional yang digagas pemerintah, sehingga kebutuhan sayur mayur dan protein sehari-hari masyarakat dapat terpenuhi,” jelasnya.

Di tempat terpisah, Danpos Ungalom Serka Riyan Empep mengatakan, selain sebagai bentuk kemandirian prajurit, kegiatan ini juga untuk menunjukkan kepada warga bahwa lahan di sekitar rumah pun bisa menghasilkan kebutuhan pangan jika diolah dengan baik sehingga warga dapat memasok kebutuhan pangan keluarga secara mandiri tanpa harus membeli.

“Setelah sebelumnya Pos Ungalom berbagi hasil panen ikan lele, kali ini kami mengajak warga untuk sama-sama panen sayur-mayur seperti kacang panjang, buncis dan kangkung,” imbuhnya.

“Tidak lupa kami juga memberikan tips cara bercocok tanam yang baik kepada warga yang datang agar hasil panen mereka nantinya lebih maksimal,” tutur Riyan.

 

-SRI.R/Dispenad-

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *