Cegah Abrasi, Babinsa Mappakalompo Bersama Warga Buat Tanggul Penahan Ombak

SHOOTLINES.COM | TAKALAR SULSEL – Guna mencegah atau mengurangi timbulnya abrasi dari gelombang laut, Babinsa Desa Mappakalompo, Koramil 1426-04/Galsel, Koptu Muh. Ruslan bersama perangkat Desa dan masyarakat kompak melaksanakan kerja bhakti membuat tanggul darurat dari karung pasir di pesisir pantai Dusun Kassi Lompo, Desa Mappakalompo Kecamatan Galesong Kabupaten Takalar, Jum’at, 18/12/2020.

Dalam kesempatan tersebut, Babinsa serta masyarakat bergotong royong mengisi karung – karung dengan pasir lalu menyusunnya di bibir pantai. Diharapkan dengan tanggul penahan darurat ini dapat menahan sementara pantai dari abrasi.

Selain sebagai upaya menjaga lingkungan, kerja bakti ini merupakan sarana pendekatan Babinsa kepada perangkat desa dan masyarakat agar terjalin kebersamaan dan kekompakan dalam rangka mewujudkan kemanunggalan TNI dan Rakyat.

Babinsa, selalu aktif di lingkungan dan membantu kesulitan masyarakat. Salah satunya dalam pembuatan tanggul darurat untuk penahan ombak, karena keberadaanya sangat penting untuk mencegah abrasi pantai.

Melalui kegitan ini kata Babinsa, diharapkan dapat mengedukasi masyarakat agar supaya memiliki kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan. Terlebih pesisir pantai sangat riskan terjadi pengikisan tanah akibat ombak. Jika hal ini dibiarkan terlalu lama, maka dampak yang ditimbulkan akan semakin memprihatinkan.

“Saya berterima kasih kepada perangkat desa yang tanggap dan peduli kepada lingkungan. Pembuatan penahan ombak ini merupakan swadaya dari desa dan karung 400 lembar bantuan dari Kepala Desa yang bersumber dari ADD,” kata Babinsa.

Laporan : Silele

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *