Ciptakan Generasi Islami, MIN 4 Aceh Tamiang Menggelar Lomba Tartil Dan Tahfiz.

ACEH TAMIANG – SHOOTLINES.COM, Dalam rangka memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Aceh Tamiang menggelar lomba Tartil dan tahfidz Al-Qur’an juz 30 bertemakan “Membangkitkan Jiwa Generasi Usia Dini Cinta Al-Qur’an” guna melahirkan generasi islami.

Perlombaan Tartil dan tahfidz Al Qur’an tersebut berlangsung diruang Kelas dan ruang Mushalla Madrasah setempat pada Jum’at, (27/11) pagi.

Perlombaan ini berlangsung selama dua hari yakni hari Jum’at dan Sabtu, untuk kelas rendah yakni kelas 1, 2 dan 3 mengikuti perlombaan Tartil dan Tahfiz Al-Qur’an pada hari Jum’at.

Sedangkan untuk kelas 4, 5 dan 6 akan dilaksanakan pada hari Sabtu, (28/11) diikuti oleh 50 orang peserta dengan materi perlombaan berupa Pidato, Tilawah dan Hafizh.

Sementara untuk bidang Tartil di ikuti oleh siswa-siswi kelas satu Madrasah Ibtidaiyah sebanyak 20 peserta.

Kemudian untuk Tahfiz Al-Qur’an diikuti oleh 30 peserta dengan materi dimulai dari surah an Nash hingga ad Dhuha dan dinilai oleh masing-masing dewan juri.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tamiang, Fadhli, S.Ag, melalui Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Aceh Tamiang, Yusrianum S.Ag mengatakan perlombaan Tartil dan tahfidz ini digelar bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan generasi anak usia dini untuk cinta al-qur’an.

Selain itu untuk menumbuhkan kebiasaan bagi anak untuk menghafal al-qur’an serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari, sebutnya.

“Semoga dengan diadakannya lomba Tartil dan tahfidz quran ini diharapkan dapat melahirkan generasi qurani yang hafal Al quran dan bermanfaat bagi diri sendiri serta masyarakat,” ungkapnya.

Yusrianum juga menjelaskan bahwa peserta yang terlibat pada lomba Tartil dan tahfidz ini kurang lebih sebanyak 100 peserta, untuk kelas 1, 2 dan 3 sebanyak 50 orang peserta dan 50 peserta untuk kelas 4, 5 dan 6.

Ditambahkan bahwa penilaian pada lomba Tartil dan tahfidz ini meliputi, hafalan, mahkrojal huruf, tajwid serta adab peserta.

Bagi para pemenang lomba nantinya akan diberikan hadiah pada 10 Desember 2020 mendatang bertepatan hari kelahiran nabi Muhammad SAW berupa tropy, dan piagam penghargaan kepada pemenang terbaik 1, 2 dan 3 tutupnya.

Pantauan media saat berlangsungnya perlombaan Tartil dan Tahfiz Al-Qur’an, para peserta dan dewan juri tetap mengikuti protokoler kesehatan, memakai masker dan jaga jarak.

– PAKAR –

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *