Desa Pekon Sukawangi Gelar Musyawarah Pembentukan Karang Taruna

SHOOTLINES.COM | PRINGSEWU LAMPUNG — Musyawarah Pembentukan Karang Taruna Desa Pekon Sukawangi Kecamatan Pagelaran Kabupsten Peringsemu berlangsung pada Selasa 15/12/2020, sekira pukul 20.wib Di Balai Desa setempat.

Dalam Bahasa Jawa Karang bermakna tempat, sedang Taruna bermakna Pemuda, secara sederhana Karang Taruna dapat diartkan sebagai tempatnya (wadah) pemuda dalam mengembangkan potensi, baik diri maupun lingkungan.

Penegasan tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2019, yaitu Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat sebagai wadah generasi muda untuk mengembangkan diri tumbuh, dan berkembang atas dasar kesadaran serta tanggung jawab
sosial dari oleh, dan untuk generasi muda, yang berorientasi pada tercapainya kesejahteraan
sosial bagi masyarakat.

Musyawarah tersebut turut didampingi Kepala Pekon/Kakon, Burhannudin dan serta Kadus 02 Hayatullaah serta dihadiri para pemuda Desa Pekon Sukawangi dan tetap dalam suasana meryesuaikan dengan langkah penerapan pencegahan penyebaran Covid-19.

Pada musyawarah itu, Reza Fahlevi terpilih di percayakan untuk memimpin dan menyandangi sebagai Ketua Karang Taruna Desa Pekon Sukawangi.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan denigan membahas upaya memantapkan organisasi serta
perencanaan program kegiatan Karang Taruna.

Diketahui, Karang Taruna Desa/Pekon, sistem keanggotaanya
mengarut “Stelsel Pasif” atau setiap generasi muda yang benusia 13 hingga 45 tahun secara otomatis menjadi anggota.

Selain mengembangkan potensi
generasi muda dan masyarakat, Karang Taruna juga memilki tugas untuk berperan aktif dalam
pencegahan dan penanggulangan permasalahan sosial melalui rehabitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial dan perindungan sosial serta program prioritas nasional.

 

Laporan :M.Naafan
Editor : Redaksi

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *