Dukcapil Aceh Tamiang Road to Kampung Tersipu

SHOOTLINES | ACEH TAMIANG — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Aceh Tamiang dalam menuntaskan persoalan adminitrasi kependudukan (Adminduk) dalam wilayah kerjanya membuat Program Inovasi yang disebut ‘Kampung Tersipu’.

‘Kampung Tersipu’ digagas oleh Kadisdukcapil Aceh Tamiang, Sepriyanto bulan November 2020 lalu dan merupakan sebuah layanan baru untuk menertibkan administrasi kependudukan secara tuntas di seluruh wilayah Aceh Tamiang dengan menjemput bola langsung ke kampung – kampung.

 

“Tersipu ini singakatan dari tertib, tuntas administrasi kependudukan. Kita berharap melalui program dan inovasi ini bisa membantu masyarakat melengkapi seluruh dokumen kependudukannya,” kata Kadisdukcapil Aceh Tamiang, Sepriyanto, Senin, 30 November 2020 dikantornya.

Dia menjelaskan, layanan perdana ‘Kampung Tersipu’ sudah dimulai di Kampung Kuala Peunaga Kecamatan Bendahara pada tanggal 19 November 2020 lalu.

“Road Show Kampung Tersipu pertama kita lakukan di Kampung Kuala Penaga yang merupakan kampung yang terletak di pulau tepatnya Kecamatan Bendahara,” sebutnya.

Untuk Road Show Kampung Tersipu kedua, sambung Sepriyanto, Tim yang terdiri 18 personil Tim Cepat Adminduk memilih sasaran ke wilayah pendalaman Kampung Sekerak tepatnya Kampung Baling Karang sebuah kampung yang berbatasan langsung dengan Aceh Timur.

Sekira pukul 15.00, Jumat (27/11/2020) sore, sambung Sepriyanto tim bergerak menuju Baling Karang.

Sepriyanto menceritakannya perjalanan yang panjang dengan kubangan lumpur disepanjang lintasan, terperosok di jembatan darurat.

” Menantang nyali tim, menyeberangi sungai yang gelap gulita. Alhamdulillah setelah setelah penyeberangan menggunakan ‘Getek’ tim sampai di Baling Karang, jelang azan Maghrib berkumandang,” ungkapnya.

Sepriyanto mengatakan Tim menginap di Kampung Baling Karang untuk keesokan hari melakukan kegiatan administrasi kependudukan semua jenis dokumen kependudukan secara online.

” Alhamdulillah masyarakat sangat antusias menyambut kedatangan tim. Datok Penghulu Baling Karang, PRK dan Perangkat Kampung antusias menyambut kedatangan Tim dan mempersiapkan tempat pelayanan,” sebutnya.

Sepriyanto mengatakan dalam kegiatan Pelayanan Kampung Tersipu Baling Karang lima point dapat terlaksana diantaranya Point Pertama Perekaman KTP Elektronik 19 orang satu orang tidak rekam. ” Untuk KTP Elektronik hampir 100 persen. Jadi dapat dipastikan warga Kampung Baling Karang umur diatas 17 tahun sudah memiliki KTP Elektronik,” sebutnya.

Kemudian sambung Sepriyanto Point kedua Cetak KTP sebanyak 51 lembar, Point ketiga Cetak KIA sebanyak 93 lembar, point keempat Akta Kelahiran sebanyak 95 orang dan point kelima Akta Kematian sebanyak delapan orang.

“Secara umum,  Kampung Baling Karang sudah diatas 98% Kepemilikan Dokumen Kependudukan. Jadi sudah bisa disebut Kampung Tertib Tuntas Administrasi Kependudukan (Kampung Tersipu),” sebutnya mengakhiri.

Secara terpisah Datok PenghuluKampung Baling Karang Kecamatan Sekerak, Jhoni Sardi  mengatakan merasa terharu dengan Program Inovasi ‘Kampung Tersipu’ yang memilih kampungnya dikunjungi sebagai ‘Road Show Kampung Tersipu’ kedua.

Menurutnya dengan kegiatan Kampung Tersipu yang dilaksanakan Dukcapil, sangat membantu masyarakat untuk memiliki dokumen kependudukan secara gratis.

” Masyarakat saya sangat terharu dengan apa yang dilakukan oleh Disdukcapil, kami yang dipendalaman ini dapat memiliki dokumen kependudukan secara gratis dan muda,” sebut Joni terharu.

Menurutnya dengan kegiatan ‘Kampung Tersipu’ seluruh masyarakat yang ada memiliki akte kelahiran dari mulai bayi hingga yang sudah tua. Dan bagi warga umurnya diatas 17 tahun memiliki KTP, serta umur di bawah 17 tahun memiliki  kartu KIA.

” Alhamdulillah masyarakat saya sekarang tertib administrasi. Semua dokumen siap di Lapangan. Saya atas nama Datok Penghulu mengucapkan ribuan terimakasih atas kerja keras Tim Dukcapil Aceh Tamiang,” sebutnya mengakhiri.
Editor  : Redaksi
Laporan : HR | KABIRO ACEH TAMIANG

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *