Gempa Pesawaran dan Tanggamus Tidak Berpotensi Tsunami Ujar BMKG

SHOOTLINES.COM | BANDARLAMPUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan telah terjadi gempa bumi berkekuatan M 4.6, di wilayah Kabupaten Pesawaran, Lampung, Indonesia, pada Rabu, (02/12/2020) pukul 20:54 WIB.

Menurut BMKG, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.85 LS dan 105.02 BB, atau laut 50 km selatan Kabupaten Pesawaran dengan kedalaman 10 Km.

Sementara di Tanggamus, di waktu dengan selisih tipis pun terjadi gempa bumi. BMKG merilis lokasi gempa bumi yang berada di kordinat 5.91 LS – 104.96 BT 56 KM Tenggara Tanggamus pada pukul 20.55 WIB. Kekuatan gempa dengan kedalaman 1 kilometer ini yakni M 4.3.

Sebelumnya, peristiwa Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo (M) 4,4 mengguncang wilayah Tanggamus, Lampung, dan sekitarnya pukul 10.04 WIB pagi tadi.

Namun Kepala Stasiun Geofisika Lampung Utara Anton Sugiharto mengatakan gempa tidak berpotensi terjadinya tsunami.  Dari hasil analisis BMKG, gempa bumi ini memiliki parameter M 4,4. Adapun pusat gempa berada pada 6.17 LS-103.98 BT.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, kata Anton, gempa yang terjadi yaitu jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Zona Subduksi. “Lempeng Indo-Australia yang menunjam Lempeng Eurasia,” jelasnya.

Menurut Anton dampak Gempa bumi yang terjadi sampai laporan ini dibuat belum ada informasi dirasakan dari masyarakat.

Anton mengimbau masyarakat untuk tetap tenang. “Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” pungkas Anton mengakhiri.

-M.Naafan-

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *