HMI Cabang Gowa Raya Kolaborasi dengan RPI Adakan Short Course Penulisan Artikel Jurnal selama 15 hari

GOWA RAYA SULSEL – SHOOTLINES.COM, Sidang Informasi dan Komunikasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Gowa Raya Periode 1442-1443 H / 2020-2021 M bekerjasama dengan Rumah Produktif Indonesia (RPI) menggelar Short Course Penulisan Artikel Jurnal selama 15 hari terhitung dari tanggal 16 s/d 30 November 2020.

Short Course Penulisan Artikel Jurnal ini menghadirkan 15 narasumber yang berasal dari beberapa kampus se-Indonesia dan kesemuanya merupakan pengelola jurnal terakreditasi, 7 narasumber merupakan Editor-in-Chief, 4 narasumber merupakan Editor, 2 narasumber adalah Managing Editor, 1 narasumber merupakan Assistant to The Editor dan 1 narasumber merupakan Reviewer.

Di antaranya, Ismail Suardi Wekke selaku Editor-in-Chief Rumah Produktif Indonesia; Ahmad Harakan, Editor-in-Chief Otoritas Jurnal Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Makassar; Syafrimen, Editor Al-Tadzkiyyah Jurnal Pendidikan Islam UIN Raden Intan Lampung; Fahmi Gunawan, Editor-in-chief Langkawi Journal of The Association for Arabic and English IAIN Kendari; Harifuddin Halim, Jurnal Inteligensia Indonesia Yayasan Inteligensia Indonesia; Muhammad Irfan Helmy, Editor Indonesian Journal of Islam and Muslim Societies IAIN Salatiga; Sirajuddin Roy, Managing Editor Laa Maisyir Jurnal Ekonomi Islam UIN Alauddin Makassar; M. Ilham Tanzilulloh, Editor Jiran Journal of Southeast Asia Studies SEAAM; Arbain, Editor in Chief Script Journal: Journal of Linguistics and English Teaching Universitas Widya Gama Mahakam; Faizal Risdianto, Editor-in-chief Register Journal IAIN Salatiga; Agus Yudiawan, Editor-in-chief Al-Fikr Jurnal Pendidikan Islam IAIN Sorong; Muhamad Nida Fadlan, Assistant to the editor Studia Islamika UIN Syarif Hidayatullah Jakarta; Muhammad Ratodi, Reviewer Journal of Health Science and Prevention UIN Sunan Ampel Surabaya; Martin Kustati, Editor-in-chief Al-Ta’lim Journal UIN Imam Bonjol Padang; Azkia Muharom Albantani, Managing Editor Arabiyat Journal of Arabic Education and Arabic Studies UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kegiatan Short Course ini digelar dengan tujuan untuk mengasah kemampuan menulis artikel ilmiah para kader HMI Cabang Gowa Raya khususnya dan ruang belajar bersama baik mahasiswa, peneliti dan akademisi umumnya.
Fadli Lesmana Kamil selaku Ketua Umum HMI Cabang Gowa Raya dalam sambutannya mengutarakan pentingnya ruang-ruang alternative pembelajaran khususnya menulis artikel jurnal.
“Setalah sebelumnya Bidang Informasi dan Komunikasi menyelenggarakan kegiatan Sarasehan Kepenulisan, Latihan Penulisan Tingkat Dasar yang dikhususkan bagi seluruh kader HMI Cabang Gowa Raya dan menerbitkan buku kumpulan tulisan peserta, kali ini melaksanakan kegiatan Short Course Penulisan Artikel Jurnal yang terbuka secara umum bekerjasama dengan RPI. Tentu kegiatan ini kiranya sangatlah penting untuk proses kepenulisan apatahlagi di masa pandemi seperti saat ini. Besar harapan, dari kegiatan ini potensi penulisan khususnya bagi kader HMI Cabang Gowa Raya meningkat dan lebih produktif lagi dalam berkarya”, tutupnya

Jumlah peserta yang mendaftar dalam kegiatan ini adalah 209 orang dari berbagai HMI Cabang se-Indonesia dan institusi pendidikan. Fokus materi yang dibawakan oleh narasumber lebih kepada pendalaman teori dan praktik menulis artikel jurnal serta penyuntingan.

Sesi pertama dibawakan oleh Ismail Suardi Wekke dengan topik bahasan “menulis artikel jurnal dan pengecekan ulang”, sesi kedua oleh Ahmad Harakan yang memaparkan tentang “aplikasi penunjang penulisan artikel seperti Publish or Perish dan Mendeley”, sesi ketiga oleh Syafrimen yang membahas terkait “struktur penulisan artikel berbasis penelitian”, sesi keempat oleh Fahmi Gunawan yang fokus “pembahasan pada prinsip dasar menulis, membuat judul penelitian yang berkualitas dan variasi pembuatan abstrak”. Sesi kelima membahas tentang “penyuntingan artikel jurnal” oleh Harifuddin Halim.

Sementara itu, sesi keenam dibawakan oleh Muhammad Irfan Helmy yang membahas tentang “metodologi dalam publikasi artikel ilmiah”. Sesi ketujuh oleh Sirajuddin Roy yang mengupas tentang “tata kelola jurnal khususnya OJS (Open Journal System)”. Sesi kedelapan oleh M. Ilham Tanzilulloh dengan “pembahasan terkait landasan dan strategi menulis artikel jurnal”. Sesi kesembilan yang membahas tentang “penulisan artikel jurnal ilmiah pada jurnal bereputasi” oleh Arbain. Sesi kesepuluh oleh Faizal Risdianto yang membahas tentang “how to develop a better academic writing”

Dan 5 sesi selanjutnya juga berfokus pada pendalaman penulisan tentang artikel jurnal. Di akhir kegiatan ini, akan ada Kuliah Umum oleh Prof. Dr. Heri Hermansyah dari Universitas Indonesia selaku Direktur Pengelolaan Kekayaan Intelektual, Deputi Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional RI sekaligus me-launching E-Journal HMI Cabang Gowa Raya (Jurnal Khitah: Kajian Islam, Budaya & Humaniora) serta kegiatan Short Course Penulisan Artikel Jurnal ini akan ditutup oleh Ketua Umum HMI Cabang Gowa Raya, Fadli Lesmana Kamil.

-ADI-

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *