Kabupaten Solok Gelar Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Natal Dan Tahun Baru

SHOOTLINES.COM | SOLOK SUMBAR — Jelang Malam Natal dan Tahun Baru 2021, Pemerintahan Kabupaten Solok Gelar Rakor Lintas Sektoral Pengamanan Natal Dan Tahun Baru, bertempat di Relazion, Kamis 17 Desember 2020.

Rapat Koordinasi lintas sektoral tersebut turut dihadiri oleh, Bupati Solok H. Gusmal, Kejaksaan negeri solok Donny, Kodim 0309 di wakili Kasdim oleh Rioko, Sekdakab solok Aswirman.

Kemudian, Kemenag Kab Solok Alizar, Ketua MUI di Wakili H. Elyunus, Ketua NU Rusli Intan Sati, Ormas se Kabupaten Solok, Kapolres Arosuka diwakili Wakapolres Kompol Yuswawi, Kapolres Solok Kota diwakili oleh R. Harahap.

Bupati Solok H. Gusmal dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh undangan yang hadir dalam rapat koordinasi lintas sektoral ini.

Semua ormas yang ada di Kabupaten Solok telah memberikan saran dan pendapat agar kabupaten solok ini aman dan terkendali.

Intinya bagaimana kita mengamankan perayaan natal dan tahun baru. Kita harus menyamakan persepsi. Ini Kewajiban pemerintah daerah dan seluruh stakeholder agar Kabupaten solok tetap dalam keadaan aman dan tentram.

Perayaan Natal dan Tahun Baru masih dalam situasi pandemi. Perlu dilakukan pengamanan yang sesuai dengan protokol kesehatan.

Seperti biasa perayaan tahun baru tentunya akan memunculkan tempat-tempat kerumunan di tempat titik tertentu. Kerumunan bisa berpotensi terjadi penyebaran virus Covid-19.

Untuk itu kita membantu masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan agar dalam perayaan ibadah Natal dan Tahun Baru berlangsung dengan lancar dan aman, sehingga terhindar dari Covid-19.

Hal senada disampaikan oleh Kapolres Solok AKBP Arosuka diwakili Oleh Kompol Yuswawi mengatakan dalam menyambut perayaan Natal dan pergantian tahun, kepolisian secara terpusat menggelar operasi dengan sandi Operasi Lilin.

Pihaknya akan mengerahkan personil ditempat-tempat objek vital yang akan dilakukan pengamanan.

Operasi Lilin 2020 ini akan berlangsung selama 15 hari dari tanggal 21 Desember hingga 4 Januari 2020.

Ditegaskannya, bahwa jajaran Polres dilibatkan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat yang akan merayakan Natal dan pergantian tahun.

Hasil rapat dan diskusi Pemkab Solok dengan Forkopimda serta seluruh Ormas yang ada di Kabupaten Solok dalam pengamanan natal dan tahun baru dengan kesimpulan melarang berkeramaian di malam tahun baru.

Sebaiknya perayaan tahun baru kita lakukan kegiatan di masjid-masjid dengan melakukan pengajian agama yang lebih bermanfaat.

Kemudian kalau memang ada juga keinginan masyarakat untuk tetap melakukan perayaan tahun baru, maka sikap kita melakukan upaya pendekatan dan menganjurkan untuk tidak melakukan perayaan tahun baru.

Pendekatan dilakukan supaya jangan terjadi keributan dan menghindari masalah agar Kabupaten Solok aman dan terkendali, pungkasnya.

Laporan : Iwan DJ
Editor : Redaksi

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *