Khatam Al-Qur’an dan Serah Terima Surau di Jorong Mawar 1 di Hadiri Oleh Wali Nagari Lubuk Jantan

TANAH DATAR | SHOOTLINES.COM — Wali Nagari Lubuk Jantan Mukhlis,S.Pd Rajo Hitam menghadiri perhelatan khatam al-Qur’an pertama dan sekaligus melaksanakan di surau yang yang berada didusun bunian Jorong Mawar 1 Nagari Lubuk Jantan oleh Mamak Suku Chaniago, Minggu 07-03-2021.

Bapak Wali Nagari bersama didampingi oleh ketua KAN, BPRN, Pemuka Masyarakat, Ninik Mamak Suku Chaniago, perangkat Nagari Lubuk Jantan dan tamu undangan lainnya .Sebanyak 20 Orang Wisudawan/ti, Tidak lupa di kesempatan itu, Wali Nagari Lubuk jantan mengingatkan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan dan Menjaga Jarak).

Walaupun dalam keadaan hujan dan jalan yang licin, Wali Nagari beserta rombongan sangat antusias untuk menghadiri acara tersebut, Wali Nagari disambut oleh seni musik tradisional yang mengiringin Khatam Al-Qur’an Sebagai Wali Nagari yang dekat dengan masyarakat Mukhlis Rajo Hitam ikut memainkan Alat Tradisional yaitu Gendang dan mengiringi Ibuk –Ibuk mawar 1 sampai surau tersebut, dengan bakat yang terpendam Bapak Wali Nagari sangat mahir mempermainkan alat musik tradisional gendang tersebut .

Dalam sambutanya Mukhlis Rajo Hitam Afrizal dalam meyampaikan bahwa, “Khatam al-Qur’an merupakan perwujudan dari visi masyarakat Tanah Datar”. Mukhlis berpesan kepada para peserta khatam al-Qur’an bahwa khatam al-Qur’an bukanlah akhir dari membaca al-Qur’an tapi adalah awal belajar al-Qur’an secara mandiri. “ulanglah kaji dirumah!” imbuhnya.

Dan Mukhlis Rajo Hitam juga mengucapkan ribuan terimakasih Ninik Mamak Suku Chaniago telah memberikan wakaf tanah dan bangunannya , semoga masyarakat sekitar bisah memanfaatkan dalam bidang pendidikan agama, semoga Nagari Lubuk Jantan menjadi nagari yang agamais dan masyarakatnya semakin cinta terhadap Al-Qur’an.

Dan sebagai Wali Nagari melihat kondisi jalan menuju surau dan sekitarnya perlu pebaikan atau pembangunan khusus akan memasukan kedalam program pemerintahan Nagari Lubuk Jantan akan melanjutkan jalan lingkar usaha tani yang salah satunya akses menuju surau ini, dan mudah-mudahan bisa dilaksanakan ditahun 2022 nantinya.

Selepas itu memberi kata sambutan Wali Nagari Lubuk Jantan menanda tangani penyerahan Surau yang diwakafkan oleh Ninik Mamak Suku Chaniago disaksikan oleh KAN, BPRN, Pemuka Masyarakat dan tamu undangan.

Dan Surau tersebut menjadi salah satu Asset Nagari Lubuk Jantan.

 

Writer: ROMA FITRA | KORLIP
Editor: RF3P

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *