KTNA Aceh Tamiang Kunjungi Budidaya Bawang Merah Aceh Tengah

SHOOTLINES.COM  | ACEH TAMIANG — Guna mempererat hubungan silaturahmi dan saling berbagi informasi terkait percepatan pembangunan sektor pertanian, peternakan dan perkebunan sebagai sarana penunjang sektor Pariwisata untuk itu Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Aceh Tamiang melakukan kunjungan ke KTNA Aceh Tengah.
Kunjungan itu berlangsung selama tiga hari terhitung mulai tanggal 6 – 10 Desember 2020 dipimpin langsung oleh Ketua KTNA Aceh Tamiang, D Yogi S.
Kedatangan rombongan KTNA Aceh Tamiang tersebut disambung oleh Sekretaris KTNA Aceh Tengah, Yuliana Elisa Rezeki. S.Pd serta sejumlah pengurus harian lainnya di kantor KTNA setempat.
“Kunjungan kita dalam mempererat jalinan silaturrahim bersama kepengurusan KTNA Aceh Tengah, untuk saling berbagi informasi terkait percepatan pembangunan sektor pertanian, peternakan dan perkebunan sebagai sarana penunjang sektor Pariwisata,” ujar Yogi kepada SHOOTLINES.COM, Sabtu, 12 Desember 2020 di Karang Baru.
Yogi menyampaikan Takengon bukan hanya daerah dataran tinggi tanah gayo yang beriklim sejuk, namun Takengon juga sudah menjadi daerah kabupaten yang memiliki destinasi pariwisata yang sangat menjanjikan yang didukung dengan keberadaan Danau Lot Tawar yang merupakan aspek penting.
Disebutkan, keberadaan fasilitas pertanian, perikanan dan peternakan disekitar danau Lot Tawar merupakan opsi lain bagi pengunjung/wisata yang datang dari bergagai daerah.
Selain itu, Takengon juga menawarkan perspektif penunjang utama untuk devisa Negara berupa perkebunan Kopi dan Perkebunan Tembakau yang terbentang luas di bukit-bukit dan hampir semua Kecamatan di Kabupaten Aceh Tengah memiliki lahan kopi dan tembakau.
“Alhamdulillah, kami sepakat antara KTNA Aceh Tamiang dan KTNA Aceh Tengah untuk terus meningkatkan hubungan silaturrahmi yang sudah terjalin,” ungkap Yogi.
Pada kesempatan itu juga pihaknya melakukan kunjungannya ke Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah dan diterima langsung oleh Kepala Bidang Penyuluhan, Suluan. SP dan Kasi Kelembagaan Bidang Penyuluhan, Tumiasih. S.Pt yang mewakili Kepala Dinas Pertanian yang saat itu sedang mengikuti acara pelantikan pejabat dijajaran SKPK Aceh Tengah.
“Beliau juga menyambut baik upaya – upaya KTNA Aceh Tamiang untuk meninjau langsung sentra produksi tanaman bawang merah dan tanaman palawija lainnya yang nantinya dapat bermanfaat untuk kemajuan sektor pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan di Kabupaten Aceh Tamiang ini,” urai Yogi.
Yogi menyampaikan Dinas Pertanian Aceh Tengah mengapresiasi kunjungan pihaknya hal itu terbukti dengan membawa delegasi KTNA Aceh Tamiang ke Kampung Nasar Kecamatan Bintang untuk meninjau Budidaya Tanaman Bawang Merah yang didampingi langsung oleh Tumiasih. S.Pt dan Kelompok Jabatan Fungsional ( KJF ), Abdurrahman, SP, Saprin Jailani, SP dan Kasim selaku Penyuluh Pertanian.
“Didaerah itu, kami dapat melihat keseragaman usia tanam bawang merah yang terhampar luas. Menurut Ibu Yuli Ketua KWT (Kelompok Wanita Tani) Seroja, mereka menanam bawang sebanyak 2 kali dalam setahun dan 1 kali menanam padi,” terang Yogi.
Dari Yuli, didapatkan informasi, bahwa para petani disana secara berkelompok bekerjasama mengolah tanah, menanam bawang, memelihara dan memanennya.
Hal itu dilakukan sebagai perwujudan yang membuktikan bahwa kebersamaan dalam suka dan duka telah menempa mereka menjadi salah satu Kelompok Wanita Tani yang Handal, kuat dan mereka berharap suatu saat nanti KWT Seroja menjadi contoh bagi KWT lainnya untuk menjadi KWT MANDIRI.
“KWT Seroja juga sudah mengaktifkan Bidang Simpan Pinjam, Bidang Produksi Bawang Merah dan Bidang Pemasaran. Melalui Media Online yang saat ini mereka sudah menembus pasar disebagian besar Provinsi Aceh.
Yogi berharap, semoga ilmu yang didapatkan oleh KTNA yang dipimpinya itu dapat dipraktikkan dan diterapkan di Kabupaten Aceh Tamiang yang disertai dengan kesabaran,ketekunan dan keuletan yang bertujuan semata mata untuk mempercepat proses pembangunan di sektor pertanian.
Editor : Redaksi
Laporan  : HR – KABIRO ACEH TAMIANG

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *