Tinjau Kesiapan Pilkada 2020, Wagub Kalteng Kunjungi Kantor KPU Kabupaten Barito Utara

SHOOTLINES.COM  | MUARA TEWEH — Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020 pada 9 Desember mendatang, sejumlah persiapan telah dilakukan, meliputi pendistribusian logistik maupun penegakan protokol kesehatan Covid-19, mengingat Pilkada kali ini diselenggarakan saat masa pandemi Covid-19.

Dalam rangka monitoring kesiapan pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 ini, Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan Tengah (Kalteng) Habib Ismail Bin Yahya berkunjung ke Kantor KPU Kabupaten Barito Utara, Senin (7/12/2020).

Sebelumnya pada hari yang sama, Wagub Kalteng meninjau kesiapan pelaksanaan Pilkada Tahun 2020 di Kabupaten Murung Raya.

Inspektur Provinsi Kalteng Sapto Nugroho tampak hadir mendampingi Wagub Habib Ismail. Sementara dari Pemerintah Kabupaten Barito Utara, tampak hadir Sekretaris Daerah (Sekda) H. Jainal Abidin. Selain itu, tampak hadir pula dalam pertemuan terbatas dengan Wagub Kalteng kali ini, antara lain Ketua KPU Kabupaten Barito Utara Malik Muliawan, Sekretaris KPU Agodiansyah, Anggota Komisioner KPU H. David Suisdarto dan Fakhruzzaini, serta Ketua Bawaslu Kabupaten Barito Utara H. Alamsyah, dan pihak Polres Barito Utara.

Ditemui usai kegiatan, Wagub Kalteng Habib Ismail Bin Yahya mengatakan bahwa kunjungan kerja hari ini adalah untuk memastikan logistik Pilkada Tahun 2020 telah terdistribusi dengan baik. “Ahamdulillah laporan dari Ketua KPU, Pak Malik, bahwasanya hari ini terakhir pendistribusian sampai ke kecamatan-kecamatan yang ada di Barito Utara dan saya minta untuk dipantau terus, yaitu untuk ke TPS-TPS dan desa-desa yang ada di pedalaman-pedalaman Barito Utara karena kita tahu dan kita sadar geografis Barito Utara bukan wilayah yang sempit, wilayah yang luas. Jadi, kita harapkan itu semua bisa terlaksana dengan baik,” papar Wagub Habib Ismail.

Wagub Kalteng tersebut juga menyinggung mengenai kesiapan ekstra dari KPU, Bawaslu, TNI, Polri, dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam penyelenggaraan Pilkada di tengah pandemi Covid-19. “Tadi juga sudah kita bicarakan di dalam dengan Pak Sekda, dengan Ketua KPU, dan yang lainnya bahwasanya ada hal-hal yang mungkin tidak biasa kita lakukan tapi terpaksa harus kita lakukan,” ucap Wagub.

Wagub Kalteng pun meminta KPU untuk tegas kepada seluruh masyarakat yang hadir ke TPS untuk melakukan pencoblosan. “Kita minta KPU, PPS, PPK tegas pada masyarakat yang hadir ke TPS untuk diimbau pakai masker atau menaati penegakan protokol kesehatan yang sudah ditentukan oleh pemerintah. Itu harapan kita. Kita tidak ingin ada klaster Pilkada setelah hari pencoblosan ini,” tutup Wagub Habib Ismail.

Laporan  | FATLI — Kaperwil Kalteng.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *